Rabu, 04 September 2019

Arti BIRR PLETOK BENTENG

Karena banyak yg tanya kita jelasin dah kenapa namanya BIRR PLETOK BENTENG


Secara bahasa, al-birr yg kosa kata bahasa arab berarti kebaikan. Bahkan sebagian ulama mendefinisikan “al-birr” ini dengan sebuah nama/istilah yang mencakup segala macam bentuk kebaikan.
Kata ini disebut sebanyak 8 kali dalam Al Qur’an

Arti Pletok dlm bahasa betawi adalah campuran dari berbagai bahan rempah rempah.

Arti Benteng secara bahasa adalah tempat perlindungan dari makna lain benteng adalah nama lain dari tangerang

jadi arti secara keseluruhan
BIRR PLETOK BENTENG adalah
Minuman yg terbuat dari campuran rempah rempah yg mengandung banyak kebaikan untuk kesehatan dan pertahanan / imun diri terhadap serangan dari penyakit yg dibuat di tangerang sebagai janaka jamu enak berkhasiat atau traditional soft herbal drink dgn berbagai varian dan khasiatnya masing masing.









Versi lain arti bir pletok adalah :

Banyak yang belum tahu asal usul bir pletok. Selain tidak mengandung alkohol, minuman tradisional ini ternyata punya banyak manfaat.

Bir pletok jadi salah satu minuman tradisional khas Betawi yang punya beragam manfaat.
Meski menyandang kata 'bir', bir pletok tidak mengandung alkohol.

Bir pletok justru terbuat dari lada, jahe, dan kulit kayu secang. Kulit kayu secang inilah yang membuat bir pletok berwarna merah. Minuman ini awalnya diracik lantaran dahulu banyak orang Betawi yang melihat kebiasaan warga Belanda di Indonesia. Warga Belanda selalu mengonsumsi wine di dalam sebuah perayaan atau pesta

Karena itu, orang Betawi juga ingin mengonsumsi minuman serupa saat ada perayaan khusus. Tapi karena minuman beralkohol masuk kategori minuman yang dilarang agama, orang Betawi membuat 'wine' dari racikan rempah-rempah di atas.

Kata 'pletok' sendiri diambil dari bunyi 'pletok' saat orang Belanda membuka tutup botol wine. Penggabungan kata bir dan pletok menjadi nama dari racikan minuman herbal tersebut.

Tak Bikin Mabuk, Ini Asal Usul Bir Pletok yang Kaya Manfaat
Namun ada pula yang percaya kalau kata 'bir' di bir pletok berasal dari kata bi'run yang artinya abyar atau sumber mata air. Sedangkan kata 'pletok' artinya ada tiga yakni, dibuat dari bambu, ditaruh diteko dan dikocok sehingga berbunyi pletok.

Terlepas dari perbedaan pandangan asal usulnya, bir pletok punya banyak khasiat.

4 komentar: