Minggu, 23 November 2014

Khasiat toge


Mengenal manfaat dan khasiat toge

Mungkin anda tidak asing lagi dengan sayuran satu ini. Sayuran muda ini paling sering ditemukan pada jenis masakan yang menggunakan sayuran mentah seperti gado-gado atau ketoprak. Bentuk dan rasanya tidak asing bagi semua orang. Citarasa sayuran satu ini berbeda dengan sayuran lainnya. Bentuknya yang mungil dengan warnanya yang putih kekuningan cukup mencolok dibanding sayuran lainnya.

Toge adalah sayuran kecambah

Toge atau tauge adalah sayuran muda. Toge sangat rawan terhadap cahaya. Toge adalah kata serapan dari bahasa mandarin dialek Hokkian yang artinya kecambah yang berasal dari kacang-kacangan. Toge sangat terkenal di asia timur dan asia tenggara. Toge adalah kecambah yang merupakan proses berkembangnya embrio di dalam biji. Tahap perkembangan inilah yang disebut dengan perkecambahan. Toge yang ada umumnya kita makan adalah berasal dari kacang hijau. Namun ada beberapa jenis kecambah lain yang bisa dikonsumis, antara lain:

Kacang azuki atau kacang merah. Kacang ini biasa digunakan untuk campuran sup. Kacang merah tidak terlalu populer di Indonesia, namun cukup populer di Asia Timur. Kecambah dari kacang merah ini sangat diminati di daerah Asia Timur.Kecambah dari brokoli, meskipun ini tidak wajar ditemui merupakan satu kecambah yang memiliki nilai gizi yang besar sekali.Kedelai yang merupakan bahan baku pembuatan tahu dan tempe juga dapat menghasilkan kecambah yang bergizi. Namun kecambah pada kacang kedelai lebih pendek dan biasanya lebih mahal harganya.Bunga matahari bisa juga menghasilkan kecambah dari bijinya. Kecambah ini konon memiliki vitamin E yang paling tinggi.Kandungan dan manfaat yang terdapat dalam Toge


Salah satu kandungan gizi yang ada pada toge adalah vitamin E. Vitamin ini berkhasiat untuk menjaga regenerasi sel, termasuk sistem reproduksi manusia. Hal yang mengganggu kesuburna manusia, baik sel sperma maupun sel telur adalah radikal bebas. Vitamin E mampu menghadang radikal bebas dan menjaga kesehatan sperma dan sel telur. Oleh karena itu banyak yang mengaitkan toge dengan kesuburan reproduksi manusia.

Toge yang berasal dari kacang hijau tentu saja membawa manfaat yang sama dengan kacang hijau. Manfaat kacang hijau yang terbesar adalah protein. Kandungan protein pada kacang hijau dan toge antara lain:

Bisa membuat wajah bersih dan mulus, berkat vitamin E.Kandungan serat dalam toge juga membantu memperlancar sistem pencernaan.Dapat membantu wanita melangsingkan tubuh.Menghindarkan dari penyakit kanker payudara.Mengurangi derita menstruasi dan gangguan menopause pada wanita.Menjaga kepadatan tulang dan menghindari kanker.

Demikian manfaat dan kandungan toge yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Semoga ini dapat membuat anda lebih mencintai sayuran yang kecil mungil dan dianggap sepele ini.

Sumber :
RIDWAN 13 AUGUST 2012
http://semangatku.com/671/kesehatan/nutrisi/mengenal-manfaat-dan-khasiat-toge/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar